DirectX (atau bisa disebut Direct3D) adalah kumpulan API untuk menangani
berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan
komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX sendiri
merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay,
dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari
Microsoft. Versi terbaru untuk Windows vista yang di luncurkan sekitar
bulan januari 2007 adalah DirectX 10
Komponen
Komponen-komponen dari directX adalah:
DirectX Graphics, terdiri dari beberapa APIs:
DirectDraw:
Untuk menggambar grafik 2D (raster graphics). Sekarang tidak disarankan
(karena adanya Direct2D), meskipun masih digunakan sedikit game dan
sebagai video renderer di media aplikasi.
Direct3D (D3D): Untuk menggambar Grafik 3D.
DXGI: untuk menghitung penyesuaian dan pengawasan, dan mengatur rangkaian pertukaran untuk Direct3D 10 keatas.
DirectInput:
Untuk menangani alat masukan termasuk papan ketik, tetikus, tuas
kontrols, ataugame controllers. Tidak disarankan setelah versi 8 karena
adanya XInput untuk Xbox 360kontroler atau WM INPUT untuk keyboard dan
mouse.
DirectPlay: Untuk komunikasi koneksi area lokal atau area luas. Tidak disarankan setelah versi 8.
DirectSound: Untuk putar balik dan merekam gelombang suara.
DirectSound3D (DS3D): Untuk putar balik suara 3D.
DirectMusic: Untuk putar balik rekaman suara yang disahkan di DirectMusic Producer.
DirectX
Media: terdiri dari DirectAnimation untuk 2D/3D animasi web, DirectShow
(Tidak disarankan sebentar lagi oleh Media Foundation) untuk multimedia
putarbalik dan streaming media, DirectX Transform untuk interaksi web,
dan Direct3D Retained Mode untuk grafik 3D tingkat tinggi. DirectShow
terkandung DirectX plugin untuk pemroses sinyal audio dan DirectX Video
Acceleration untuk video terakselerasi. Sejak Tahun 2005 DirectShow
tidak termasuk dalam DirectX API. DirectShow dimasukan dalam paket
Windows SDK.
DirectX Media Objects: mendukung streaming seperti enkode, dekode, dan efek.
DirectSetup: untuk memasang komponen DirectX.
Direct 3D 11
Microsoft
mengumumkan directX 11 di Gamefest 08, Seattle, dengan dukungan
terhadapGPGPU,dukungan tessellation, peningkatan terhadap dukungan
multi-threading untuk membantu pengembang game menggunakan unit pengolah
data(disebut juga processor) multi-core. Direct X 11 akan digunakan di
sistem operasi vista, seven dan generasi seterusnya. Mekanisme
multi-threading mampu didukung perangkat keras berbasis Direct3D
9/10/10.1. Tessellation dan Shader Model 5.0 membutuhkan perangkat keras
berbasis Direct 3D 11. Microsoft sendiri telah merilis peninjauan
teknis. Direct 3D 11 akan dirilis ke pabrik bulan Juli '09 dan dirilis
ke publik bulan Oktober '09.
Sumber : http://blog-wandi.blogspot.com/2010/07/pengertian-directx-8910.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar